Notification

×

Tag Terpopuler

Jaga Ekosistem Sungai Musi, Pertamina Lepas Bibit Ikan Patin dan Gurame

Tuesday, October 22, 2024 | Tuesday, October 22, 2024 WIB Last Updated 2024-10-22T08:27:54Z

Pertamina tebar benih ikan patin dan gurame di sungai musi

PALEMBANG, SP - PT Kilang Pertamina Internasional beserta para kelompok pembudidaya ikan melepaskan bibit ikan patin dan gurame untuk menjaga ekosistem di Sungai Musi, Selasa (22/10/2024).


Sebanyak 220 bibit ikan tersebut dilepas di Sungai Musi merupakan hasil budidaya dari Pembudidaya Ikan Barokah dan Tunas Makmur, Desa Sungai Gerong, Kecamatan Banyuasin I. 


Bibit ikan tersebut merupakan bagian dari hasil budidaya yang melimpah para pembudidaya ikan di Banyuasin. Sebagai rasa syukur, maka dilakukanlah pelepasan bibit ikan di Sungai Musi.


Pjs. Area Manager Communication Relation & CSR RU III PT Kilang Pertamina Internasional, Ahmad Adi Suhendra mengatakan, bahwa partisipasi Kilang Pertamina Plaju merupakan wujud komitmen perusahaan dalam mendukung pelestarian alam dan mendorong peningkatan kesejahteraan masyarakat sekitar.


"Kami sangat bangga bisa berkolaborasi dengan Pokdakan Sungai Gerong dalam kegiatan ini. Pelepasan ikan ini selaras dengan tujuan kami untuk menjaga kelestarian lingkungan sekaligus meningkatkan perekonomian masyarakat melalui sektor perikanan," ujarnya.


Pelepasan ikan ini tidak hanya menjadi bagian dari rasa syukur masyarakat, tetapi juga simbol harapan bagi keberlanjutan ekosistem perairan di Pulau Salah Nama. 


"Gurame dan patin, dua jenis ikan yang dirilis, dipilih karena memiliki potensi ekonomi dan nilai jual yang tinggi, sekaligus mudah dibudidayakan di lingkungan perairan Sungai Gerong," jelasnya.


Pihaknya berharap kolaborasi ini dapat terus terjalin dan berkembang, sehingga tidak hanya membawa manfaat lingkungan, tetapi juga memberikan dampak positif bagi perekonomian masyarakat sekitar. 


"Ke depannya, Kilang Pertamina Plaju berkomitmen untuk terus mendukung program-program yang berfokus pada pelestarian alam dan pemberdayaan masyarakat, sejalan dengan visi perusahaan untuk tumbuh bersama masyarakat dan lingkungan yang lestari," jelasnya.


Yudi, salah satu penggerak Pokdakan Tunas Makmur, mengaku bersyukur atas keberlimpahan panen ikan yang berhasil ia budidayakan di kolam tanahnya.


Di halaman rumahnya, Yudi membudidayakan ikan Patin dari indukan, melakukan pemijahan hingga penjualan benih ikan.


 "Alhamdulillah, kami merasa syukur luar biasa, ikan yang kita budidayakan kembali bisa berenang bebas ke habitat aslinya di Sungai Musi," ujarnya. (Ara)

×
Berita Terbaru Update