Notification

×

Tag Terpopuler

Armada Trans Musi Teman Bus Sudah Usang, TMPJ Buka Peluang Investor

Tuesday, October 01, 2024 | Tuesday, October 01, 2024 WIB Last Updated 2024-10-01T12:15:55Z

Dirut PT TMPJ Among Nata Putra

PALEMBANG, SP - PT Trans Musi Palembang Jaya (TMPJ) memastikan 2025 54 Bus Trans Musi 'Teman Bus' yang usianya hampir 10 tahun ini diganti dengan unit baru.


Dimana armada Teman Bus dikelola oleh PT TMPJ ini berasal dari Bus Rapit Transit (BRT) Trans Musi PT SP2J yang diambil, diperbaiki dan digunakan oleh PT TMPJ.


Dirut PT TMPJ Among Nata Putra mengatakan, sejak beberapa tahun terakhir bus Teman Bus yang dikelola oleh TMPJ dengan sistem By The Service Kemenhub berasal dari bus bekas Trans Musi.


"Jadi yang selama ini operasional itu bus bekas pakai Bus Trans Musi lalu dijadikan Teman Bus yang dibeli servisnya (semacam subsidi) oleh Kementerian Perhubungan dan kita sebagai operatornya," katanya, Selasa (1/10/2024).


November nanti pihaknya akan mengoperasikan minibus/ mikrobus di koridor 1 Terminal Alang - Alang Lebar ke Ampera via Soekarno Hatta. Direncanakan 11 bus dari idealnya 13 bus.


"Yang sudah operasi di koridor 5 dengan rute Perumahan Griya Revari (Tanjung Barangan) ke Stasiun Bumi Sriwijaya (Palembang Icon Mall), sejak Agustus lalu," katanya.


Minibus sepintas mirip dengan angkot feeder berwarna sama dengan Teman Bus (merah campur orange), hanya saja secara ukuran lebih besar dengan kapasitas lebih banyak. 


Nah, koridor yang terbilang baru ini juga menggunakan skema kerjasama oleh PT TMPJ dengan PT Bagong sebagai pihak ketiga yang sifatnya menyewakan unit. 


Hadirnya koridor baru dengan unit baru dan sistem kerjasama ini merupakan terobosan bagi PT TMPJ, karena dari pihak Kementerian tidak lagi memberikan bantuan berupa unit. 


"Teman bus yang dikelola PT TMPJ ini sejak awal operasional  mengunakan unit lama, sehingga banyak dandan daripada terpakai dan memberatkan beban perusahaan," katanya. 


Pihaknya mencatat, dari total 54 unit, 49 unit yang dioperasikan (15 unit rusak), dan cadangan 5 bus. "Kita sudah waktunya peremajaan, namun terkendala di investasi," ujarnya. 


Karena itu, PT TMPJ saat ini menawarkan kerjasama secara luas ke semua investor, baik yang bentuk kerjasama berupa Kerjasama Operasi (KSO) dengan swasta, ataupun kerjasama penyewaan unit, dan lainnya 


"Keinginan kami satu, walaupun kerjasama bentuk apapun asal karyawan yang ada sekarang tetap dapat diberdayakan, dan perusahaan tetap survive," katanya. 


Sebagai catatan saat ini PT TMPJ melayani 5 koridor, yaitu koridor 1 Terminal Alang - Alang Lebar ke Ampera via Soekarno Hatta. Koridor 2 Terminal Sako ke Palembang Icon, koridor 3 melayani Palembang Icon - Terminal Plaju, Koridor 4 Terminal Alang - Alang Lebar - Talang Jambe, dan Koridor 5 Griya Revari/Tanjung Barangan - Palembang Icon (Stasiun Bumi Sriwijaya). 


"Semua koridor Teman Bus sudah berbayar dengan tarif umum Rp4.000, dan tarif khusus Rp2.000 untuk siswa, mahasiswa, ataupun disabilitas. Untuk tarif khusus ini sebelumnya mereka harus mendaftar ke dinas perhubungan (ini bisa dilakukan secara online)," terangnya. (Ara)

×
Berita Terbaru Update