Notification

×

Tag Terpopuler

Petani Sawit di Pagaralam Dapat Bantuan Dana Bagi Hasil

Tuesday, September 24, 2024 | Tuesday, September 24, 2024 WIB Last Updated 2024-09-24T10:24:18Z



PAGARALAM, SP - Bantuan demi bantuan dikucurkan oleh pemerintah untuk menggairahkan serta meningkatkan perekonomian di Pagaralam. Kali ini, petani sawit mendapatkan kucuran dana bagi hasil (DBH).


Sebanyak puluhan hektar milik masyarakat akan dibantu melalui DBH Sawit. Hal ini ditandai dengan sosialisasi oleh dinas pertanian kota Pagaralam yang dipusatkan di Favour Hotel dan Resto Pagaralam Selatan, Selasa (24/9/2024) yang diikuti oleh petani sawit Pagaralam, Dinas Pertanian, Bappeda, BPJS dan Dinas Perkebunan Provinsi dan Kabupaten Lahat.

 

Kepala Dinas Pertanian kita Pagaralam Sutrimawati diwakili Sekretaris Dinas Diki Herlambang memaparkan, DBH merupakan bantuan yang bertujuan mengakomodir berkaitan dengan petani sawit.


"Untuk itu diharapkan kepada calon penerima DBH bisa mempersiapkan segala sesuatu sesuai dengan ketentuan. Kartu keluarga, KTP dan sesuatu yang menjadi persyaratan segera urus untuk syarat adminstrasi, hal hal yang kurang jelas bisa bisa ditanyakan di kantor. Semakin cepat semakin bagus. Manfaatkan DBH dengan sebaik baiknya," imbuhnya. 


Joni dalam paparannya pengalokasian Dbh sawit untuk mengurangi dana fiskal. Dalam konteks ini meski mayoritas petani Pagaralam adalah kopi namun juga pada kesempatan kali ini juga mendapatkan DBH sesuai Dengan PMK nomor 91.


Untuk infrastruktur 80 persen dan  20 persen untuk kegiatan lainnya. "Adanya DBH diyakini akan dapat meningkatkan produksi panen sawit, hendaknya DBH sawit ini bisa berdampak positif bagi petani sawit di Pagaralam khusunya," katanya.


Sedangkan Herman dari Bappeda menambahkan, konsep DBH harus sesuai asesuai arah pembangunan Kita di Pagaralam.


Berkenaan dengan DBH sawit,saat ini ada 57 hektar sawit yang  terletak di wilayah kecamatan Dempo Selatan.


Nampak terjadi interaksi antara calon penerima DBH dengan nata sumber. (Rep)

×
Berita Terbaru Update