Notification

×

Tag Terpopuler

Ini Peran SIPETARUNG Dalam Perencanaan Tata Ruang Palembang

Thursday, September 19, 2024 | Thursday, September 19, 2024 WIB Last Updated 2024-09-19T08:31:44Z


PALEMBANG, SP - Kota Palembang menyambut era baru dalam pengelolaan ruang kota dengan peluncuran SIPETARUNG, Sistem Informasi Pemetaan Tata Ruang Palembang.


Inovasi terbaru ini dirancang untuk memberikan data pemetaan yang akurat, realtime, dan mudah diakses, menjawab tantangan dalam perencanaan kota dan pengelolaan aset dengan solusi berbasis teknologi digital.


SIPETARUNG menawarkan fitur-fitur unggulan seperti peta interaktif, analisis data mendalam, dan pelaporan yang efisien. 


Sistem ini memungkinkan pemerintah dan masyarakat untuk membuat keputusan yang lebih baik dan cepat, menjadikannya alat vital dalam perencanaan kota, pengawasan, serta pengendalian pemanfaatan ruang. 


Dalam tahap awal perencanaan, gambaran spasial yang jelas sangat penting untuk merumuskan visi dan misi dengan tepat. 


SIPETARUNG menjawab kebutuhan ini dengan menyediakan informasi spasial yang komprehensif dan terkini.


Kepala Bidang Penataan Ruang Kota Palembang Agung Nugraha  menegaskan, dengan adanya SIPETARUNG, pihaknya  berkomitmen untuk melakukan transformasi digital dalam pengelolaan ruang kota. 


Meskipun saat ini pihaknya masih menghadapi tantangan dalam integrasi sistem dan database, peluncuran ini adalah langkah besar menuju modernisasi. 


Kerja sama erat dengan Kementerian ATR/BPN, Badan Informasi Geospasial, dan bagian hukum setda Kota Palembang sangat penting untuk memastikan implementasi yang sukses.


”SIPETARUNG akan mempercepat proses analisis data, memungkinkan pemantauan dan evaluasi yang lebih efektif, serta meningkatkan transparansi dan akuntabilitas dalam pengelolaan ruang wilayah," katanya, Kamis (19/9/2024).


Sistem ini juga diharapkan dapat mengurangi waktu dan biaya dalam proses pengelolaan data keruangan, serta mendorong keterlibatan aktif dari berbagai pihak, termasuk masyarakat, dalam pengambilan keputusan.


“Keberhasilan ini menjadi pijakan penting bagi kami, tetapi kami akan terus berupaya untuk meningkatkan integrasi sistem baik secara internal maupun dengan stakeholder eksternal," jelasnya.


"Dengan penguatan database dan sistem pemetaan digital, kami bertujuan untuk memastikan pembangunan kota dilakukan dengan akurasi dan efektivitas yang tinggi,” tambahnya.


SIPETARUNG diharapkan dapat mendukung visi Kota Palembang untuk menjadi pusat ekonomi hijau yang berkualitas, aman, nyaman, produktif, dan berkelanjutan. Dengan menjaga keharmonisan antara alam, budaya, dan manusia berdasarkan kearifan lokal, sistem. (Ara)

×
Berita Terbaru Update