Notification

×

Tag Terpopuler

PT BCR Tetapkan Harga Kios Pasar 16 Ilir, Paling Murah Rp180 Juta

Friday, August 30, 2024 | Friday, August 30, 2024 WIB Last Updated 2024-08-30T13:34:04Z

Pasar 16 Ilir Kota Palembang 

PALEMBANG, SP - Persoalan Sertifikat Hak Milik Satuan Rumah Susun (SHMSRS) Pasar 16 Ilir yang disebut PT Bima Citra Realty (BCR) berakhir pada 2016 masih berlanjut seiring penolakan para pedagang direlokasi ke tempat sementara.


Dengan berakhirnya SHMSRS pada 2016 ini maka sebagai pengelola, PT BCR meminta pedagang membayar iuran/ sewa baru kios yang sudah ditetapkan 3 kelas.


Namun, para pedagang enggan pindah ke tempat relokasi dan merasa berat membayar biaya sewa baru. Pedagang merasa SHMSRS masih berlaku dan tak perlu membayar sewa yang baru.


"Untuk skema pembayaran kios dengan harga terbagi 3 golongan, 3 kelas sesuai ukuran dan kemampuan masyarakat," kata Dirut PT BCR Satria Arif Rahmat, Jumat (30/8/2024).


Skema pembayaran kios dengan harga variatif tersebut telah disepakati bersama Pemkot Palembang untuk diketahui para pedagang pasar di 16 Ilir. 


Tahapan sewa kios bisa membayar uang muka hanya dengan 20 persen dan boleh dicicil selama setahun atau 12 bulan dan pelunasan pembayaran kios dengan fasilitas kredit perbankan.


"Khusus pedagang, pertama golongan subsidi mereka yang punya satu (kategori tidak begitu mampu) kios dengan harga Rp180 juta, golongan tengah yang punya lebih dari 2 kios dengan harga Rp240 juta sampai Rp270 juta, dan golongan atas Rp300 juta sampai Rp337,5 juta," jelasnya. 


Satria menyebut, ketetapan harga itu sudah berdasarkan perhitungan Kantor Jasa Penilai Publik (KJPP) dan alternatif subsidi bagi pedagang yang telah diputuskan Penjabat Walikota Palembang Ucok Abdulrauf Damenta yang bertujuan agar pedagang tak terbebani dengan biaya sewa. 


"Harga khusus pedagang ini juga sudah didata, dimana totalnya ada sekitar 200 pedagang, jika nanti jumlah kios diluar untuk pedagang akan diterapkan harga sesuai KJPP," katanya.


Ia juga menegaskan, persoalan revitalisasi Pasar 16 Ilir Palembang tidak akan mengalami hambatan seperti proses mangkrak pembangunan di pasar tradisional lain, Pasar Cinde. Satria menjamin revitalisasi Pasar 16 berbeda skema dan proyek.


"Dari caranya (revitalisasi) saja sudah berbeda. Pasar 16 ini kita revitalisasi, gedung tidak kita robohkan. Yang ada kita perbaiki, fasilitasnya diperbagus," katanya. 


Sebelumnya Pemkot dan PT BCR menarget revitalisasi Pasar 16 Ilir Palembang selesai menyeluruh di 2025 dengan harapan perubahan model pasar modern menjadi The Heritage 16 Ilir. Bangunan pasar diusung konsep entertainment dengan kehadiran tempat hiburan dan kafe. (Ara)

×
Berita Terbaru Update