Notification

×

Tag Terpopuler

Pemkot Palembang Ingatkan Bahaya Pernikahan Dini

Thursday, August 22, 2024 | Thursday, August 22, 2024 WIB Last Updated 2024-08-22T05:42:19Z

PJ Walikota Palembang Ucok Abdulrauf Damenta hadiri pembentukan Forum Anak Daerah

PALEMBANG, SP - Pemerintah Kota Palembang membentuk Forum Anak Daerah yang ditujukan meminimalisir terjadinya pernikahan dini.


Hal ini dilakukan karena pentingnya para remaja memahami bahayanya pernikahan dini hingga bisa meningkatkan resiko kematian pada ibu dan anak saat melahirkan.


PJ Walikota Palembang Ucok Abdulrauf Damenta mengatakan, forum ini dibentuk untuk mencegah pernikahan dini dan kekerasan pada anak.


"Pernikahan dini punya resiko tinggi terjadinya kekerasan seksual, penyakit seksual menular, dan resiko berbahaya lainnya sehingga ini harus dicegah," katanya usai mengukuhkan pengurus Forum Anak Daerah se-Kota Palembang, periode 2024-2026, Kamis (22/8/2024).


A Damenta berharap, generasi masa depan agar terhindar dari pernikahan dini. Karena anak juga harus memperoleh perlindungan dan terpenuhinya hak-haknya. 


"Upaya membangun karakter anak merupakan sebuah kewajiban berkelanjutan yang hasilnya akan terlihat dalam beberapa dekade mendatang," ujarnya.


Untuk menghindari pernikahan dini dan kekerasan pada anak, maka perlunya pemenuhan atas hak-hak anak di masa sekarang. Ini juga merupakan jaminan atas ketersedian SDM unggul untuk masa depan indonesia. 


"Melihat betapa pentingnya posisi anak sebagai elemen dari masyarakat, maka hal ini menjadi pengingat bagi kita bahwa anak merupakan individu yang unik dan penuh dengan potensi," jelasnya. 


Terutama era globalisasi menghantarkan tatanan kehidupan baru, tentu dengan berbagai implikasi. Banyak manfaat positif yang bisa diperoleh meskipun dalam beberapa hal juga membawa dampak negatif bagi generasi muda. 


Tentunya diera globalisasi ini, rendahnya tingkat kepedulian sosial dan gaya hidup yang mengarah pada budaya asing terasa menjangkiti anak-anak zaman sekarang. 


Kemudahan mengakses hiburan dan informasi menjadikan anak-anak semakin menggemari budaya asing dalam berbagai kemasan seperti permainan, film, musik, kuliner atau bentuk gaya hidup lainnya.


"Untuk itulah akan pentingnya forum anak ini dalam menghalau budaya asing," ujarnya. (Ara)

×
Berita Terbaru Update