Notification

×

Tag Terpopuler

M. Toha Tohet Dipastikan Alumni STIHPADA dan Wisuda Bulan Juni 2024

Saturday, August 31, 2024 | Saturday, August 31, 2024 WIB Last Updated 2024-08-31T14:03:26Z

Dr. Derry Angling Kesuma SH. M.Hum

PALEMBANG, SP - M.Toha Tohet yang saat ini mencalonkan diri sebagai calon Bupati Musi Banyuasin yang sudah mendaftarkan diri bersama pasangannya Rohman ke KPU Muba pada, Rabu (28/8/2024) kemarin. 


Namun, isu tidak sedap menerpanya berupa ijazah Sarjana Hukum (SH) yang digunakannya dipertanyakan sehingga salah satu tim kuasa hukum M.Toha Tohet, Dr. Derry Angling Kesuma. SH. M.Hum memberikan klarifikasinya.


Menurut Derry, M.Toha Tohet merupakan alumni Sekolah Tinggi Ilmu Hukum Sumpah Pemuda,(STIHPADA) yang sudah di wisuda Bulan Juni tahun 2024, tapi sampai hari ini memang belum menerima ijazah S1 nya dikarenakan masih harus ada tanda tangan yang belum dilengkapi sehingga untuk mendaftar sebagai kandidat pemimpin di Kabupaten Musi Banyuasin, masih menggunakan Surat Keterangan Lulus,(SKL) karena memang sudah sah dan sudah melewati tahapan wisuda.


"Mendaftar tahun 2020 dengan NIM 012020433 hal ini dibuktikan dengan formulir pendaftaran mahasiswa dan wisuda Bulan Juni tahun 2024", kata Derry, Sabtu (31/8/2024).


Dijelaskannya, secara hukum beliau,(red:M.Toha Tohet), sudah melewati tahapan-tahapan untuk menjadi seorang Sarjana Hukum (SH) seperti, mengikuti perkuliahan di STIHPADA selama 8 semester atau 4 tahun, telah melewati tahapan ujian komprehensif dan memiliki skripsi dengan judul "Kerugian Keuangan Negara dalam Tindak Pidana Korupsi dan Model Penegakan Hukum Progresif dalam Pengembalian Kerugian Negara dengan Pidana Uang Pengganti," jelasnya.


Derry menambahkan, selain itu ada proses lain yang sudah dilewati, seperti, ada surat pernyataan Turnitin atau lewat plagiasi kemudian sudah ada surat persetujuan dari pembimbing skripsi dalam hal ini semua bertandatangan, begitupun dengan tim penguji.


Selanjutnya, karena sudah melewati proses ujian komprehensif dan dinyatakan layak untuk lulus maka terhadap yang bersangkutan bisa dilakukan yudisium terlebih dahulu dan kemudian di wisuda.


Untuk mengecek data mahasiswa yang aktif tentu bisa dicek di Pangkalan Data Perguruan Tinggi STIHPADA dan resmi terdaftar di LL2DIKTI.


"Kami pastikan Toha Tohet merupakan alumni STIHPADA karena sudah diwisuda Juni 2024 sah dan legal," tambahnya. (my)

×
Berita Terbaru Update