Notification

×

Tag Terpopuler

KPU Segera Umumkan DPS, Warga Diminta Cek Data Diri

Thursday, August 15, 2024 | Thursday, August 15, 2024 WIB Last Updated 2024-08-15T08:47:02Z


PALEMBANG, SP - Jelang Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 27 November 204, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Palembang akan mengumumkan Daftar Pemilih Sementara (DPS) pada 18 Agustus mendatang.


Ketua KPU Kota Palembang Syawaluddin mengatakan, DPS akan diumumkan di seluruh kelurahan. Warga diimbau mengecek nama-namanya sudah terdaftar atau belum.


"Jika belum KPU akan mengakomodir untuk dimasukkan di tahap selanjutnya dalam waktu 10 hari ke depan usai pengumuman," katanya, usai coffee morning bersama media di Palembang, Kamis (15/8/2024).


Warga bisa mengecek melalui link cekdptonline.kpu.go.id. Sementara berdasarkan hasil pleno baru-baru ini DPS Kota Palembang sebanyak 1.244.138. "Namun data pastinya akan diumumkan 18 Agustus nanti," ujarnya.


Syawaluddin mengatakan, perubahan data pemilih sifatnya dinamis. Maka KPU membuka kesempatan masyarakat untuk melaporkan perubahan data. Seperti warga yang meninggal dunia atau pindah domisili. 


"Karena data DPS ini dinamis, sampai 22 September setelah penetapan DPT pasti ada perubahan, kita masih menunggu laporan masyarakat baik itu ada yang meninggal atau pindah," jelasnya.


KPU juga memastikan sekitar 4.860 warga di perbatasan Palembang sudah di-Coklit (pencocokan dan penelitian) dan masuk ke Data Penduduk Potensial Pemilih Pemilu (DP4) Kota Palembang.


"Semua warga perbatasan sudah di-Coklit dan masuk ke Kota Palembang baik yang di Plaju Darat, Talang Beti dan 15 Ulu," katanya.


KPU saat ini sudah mempersiapkan pendaftaran calon Walikota dan Wakil Palembang pada 27-29 Agustus 2024. Pihaknya sudah berkoordinasi dengan pemerintah (Dinas Kesehatan), dan kepolisian. Termasuk akan mengundang LO dari masing-masing calon pada 25 Agustus.


Lantaran keterbatasan luas ruang, maka nantinya KPU hanya akan menerima calon walikota dan wakil walikota beserta 35 orang perwakilan di lantai 3 untuk proses pendaftaran.


"Sementara para pendukung akan menunggu di lantai 1, yang sudah disiapkan tenda, streaming video tron disediakan agar pendukung melihat proses di lantai 3," katanya.


Sementara itu, menuju pencoblosan serentak pada 27 November mendatang, KPU juga akan menyiapkan 2.270 Tempat Pemungutan Suara (TPS).


Diantaranya 6 TPS lokasi khusus, seperti Lapas Anak Pakjo, Lapas Perempuan Merdeka, Lapas Mata Merah dan Rumah Tahanan (Rutan) Pakjo.


"Untuk petugas KPPS akan direkrut pada September, terbuka untuk umum, masyarakat boleh daftar," katanya. (Ara)

×
Berita Terbaru Update