Notification

×

Tag Terpopuler

Ponpes Al Hikmah Betung Gelar Pengajian Akbar Haflah Khotmil Qur’an Angkatan ke VIII

Friday, July 05, 2024 | Friday, July 05, 2024 WIB Last Updated 2024-07-05T02:19:05Z


BANYUASIN, SP - Pondok Pesantren Al Hikmah Kecamatan Betung Kabupaten Banyuasin menggelar pengajian akbar dalam rangka Haflah Khotmil Qur’an Angkatan ke VIII.


Acara yang diselenggarakan di halaman Ponpes Al Hikmah Sedompo Kelurahan Betung Kecamatan Betung, Kamis (4/7/2024), diikuti oleh para wisudawan dan wisudawati, seluruh santri dan dihadiri Kapolsek Betung, Perwakilan Kecamatan Betung, Lurah Betung, Pengurus, Ustadz dan Ustazah, Alim Ulama, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat, Wali Santri, dan undangan.


Pimpinan Pondok Pesantren Al Hikmah KH Muhammad Maksum AH dalam sambutannya mengucapkan selamat atas di wisudanya peserta didik santri.


"Alhamdulillah, hari ini kita melaksanakan khatam quran, baik yang menghafal juz amma maupun yang membaca. Jadi yang membaca itu anak anak yang sudah selesai maju kepada guru, ada yang sudah ngaji dari al-fatihah sampai Annas, ada yang sudah hafal juz amma, kemudian ada beberapa anak yang sudah selesai hafalannya 5 juz, ada yang 6 juz, ada yang 2 juz dan kebanyakan ini siswa-siswi SD atau MI di pondok pesantren Al Hikmah," jelasnya.


Oleh karena itu, dirinya mengajak masyarakat dan para santri untuk dapat bersama-sama membangun Pondok Pesantren Al Hikmah, sehingga dapat lebih maju serta eksistensinya terus menjaga guna mencetak generasi - generasi yang mencintai Al-qur’an dan berakhlakul karimah.


"Mohon doanya, mudah-mudahan mereka menjadi anak-anak yang sholeh menjadi anak yang sholehah, anak yang ahli ilmu, ahli quran, yang nantinya membawa orang tuanya ke surganya Allah subhanahu wa ta'ala," imbuhnya.


Selain itu, KH Muhammad Maksum juga menyampaikan terima kasih sebesar-besarnya kepada seluruh jajaran panitia yang pada kesempatan ini betul-betul mensukseskan acara tersebut.


"Pada kesempatan siang hari ini, mudah-mudahan lelah Anda semuanya dicatat oleh Allah subhanahu wataala sebagai amal ibadah," pungkasnya.


Acara dilanjutkan dengan sungkem para santri kepada kedua orang tuanya dan siraman rohani yang disampaikan oleh KH Solihin Yusuf dari Surabaya, Jawa Timur. Menurutnya, pondok pesantren akan memberikan pengalaman hidup yang berharga bagi para santri. 


Mereka akan belajar untuk hidup mandiri, bertanggung jawab, dan memiliki nilai nilai keislaman yang kuat. Selain itu, mereka juga belajar untuk menghargai orang lain dan membangun persaudaraan yang erat.


Ikut menyumbangkan suatu saran atau suatu ungkapan yang sangat bermanfaat para hadirin 


"Ketika hadirnya pondok pesantren, salah satunya yang ada didirikan beliau KH Muhammad Maksum, masyarakat disekitar sini akan semakin tahu tentang agama dan semakin mantap. Soalnya apa? agama itu hal yang sangat penting bahkan terpenting diantara yang lainnya," ujarnya.


Menurutnya, manusia akan seperti hewan, bagi mereka lupa akan kewajiban yang telah diberikan oleh Allah, tanpa ada iman, tanpa adanya tunduk kepada Allah SWT.


"Mudah mudahan dengan adanya ponpes Al-Hikmah, masyarakat disini semakin mantap menjalankan agama tentunya agama Islam. Mudah mudahan kita dijauhkan dari kemaksiatan, kita selamat didunia dan akhirat, dan mudah mudahan pengajian hari ini diberi hidayah Allah SWT," tukasnya. (ch@)

×
Berita Terbaru Update