Notification

×

Tag Terpopuler

Pemkot Palembang Siap Revitalisasi Dermaga Kampung Kapitan

Monday, July 29, 2024 | Monday, July 29, 2024 WIB Last Updated 2024-07-29T07:56:10Z

Pemkot Palembang akan merevitalisasi dermaga kampung kapitan (Foto : Ara/SP)

PALEMBANG, SP - Disebut sebagai kawasan destinasi wisata Kota Palembang, namun kondisi kawasan Kampung Kapitan terbengkalai dan tidak terawat.


Berada di tepi Sungai Musi, Dermaga Kampung Kapitan sebelumnya jadi tempat wisata yang menghadirkan beragam kuliner dan tempat digelarnya berbagai event.


Tapi sejak Covid, dampak ekonomi melemah juga berakibat pada tidak adanya kunjung dan kegiatan di Kampung Kapitan. 


Lantaran tidak pernah dirawat lagi, Kampung Kapitan dengan atap berwarna putih itu kini perlu perbaikan, besi tepian dermaga berkarat dan sejumlah kerusakan lainnya.


PJ Walikota Palembang Ucok Abdulrauf Damenta mengatakan, karena sudah lama tidak pernah digunakan dan dirawat, Dermaga Kampung Kapitan akan dikembalikan ke fungsi sebelumnya.


"Kita akan kembalikan sebagai tempat destinasi wisata, tempat rekreasi, kemudian tempat hiburan masyarakat nanti ada panggung live musik, serta UMKM," katanya, usai meninjau Dermaga Kampung Kapitan, Senin (29/7/2024).


Menurutnya, revitalisasi Dermaga Kampung Kapitan ini akan dilakukan dengan pola kerjasama dengan pihak ketiga, artinya tidak sepenuhnya dari APBD.


"Kita koordinasikan lagi dengan pihak ketiga yang sebelumnya mengelola kawasan ini, secepatnya agar segera diperbaiki dan dinikmati oleh masyarakat," jelasnya.


Dengan dihidupkannya kembali kawasan ini dengan pola baru dan pengelolaan secara profesional, A Damenta memastikan harga yang dijual pun tetap terjangkau.


Kepala Dinas Pariwisata Kota Palembang, Sulaiman Amin mengatakan, Kampung Kapitan ini sebelumnya selalu ramai kunjungan karena menyediakan berbagai kuliner dan sering digelar event di kawasan ini.


"Ini salah satu tempat wisata Palembang, tapi sejak Covid dan ekonomi melemah, tidak digunakan lagi, semoga rencana ini menjadi angin segar bagi wisata Palembang," katanya. (Ara)

×
Berita Terbaru Update