Notification

×

Tag Terpopuler

Viral, Tumpahan Diduga Berasal Dari Sumur Bor ilegal Cemari Sungai Parung

Monday, June 24, 2024 | Monday, June 24, 2024 WIB Last Updated 2024-06-24T14:42:05Z


MUBA, SP - Salah satu aktifitas sumur bor ilegal yang berlokasi di Kecamatan Sungai Lilin Kabupaten Musi Banyuasin Provinsi Sumatera Selatan, Sabtu (23/6/2024), sekira pukul 10.00 Wib. Menyemburkan cairan berwarna pekat dengan ketinggian puluhan meter, hingga tidak dapat teratasi.


Diduga, akibat tekanan gas yang tinggi, sumur bor ilegal memuntahkan minyak bercampur gas hingga mengalir ke Sungai Parung anak Sungai Lilin. Sementara, Sungai Parung merupakan sebagai salah satu sumber kehidupan dan perekonomian masyarakat sekitar.


Mirisnya lagi, pencemaran ini menyeret nama seorang oknum kepala desa dalam Kecamatan Sungai Lilin, yang diduga sebagai pemilik sumur minyak tersebut.


Dari video yang beredar, terlihat beberapa warga berbondong-bondong mengambil minyak dengan menggunakan perahu tanpa mempedulikan keselamatan mereka masing masing. 


"Meluing meluing nah sungai Parung, minyak Kabeh (minyak semua-red). Dak lagi takut buaye nah nah, meresnyo disungai," ujar salah seorang dalam rekaman video tersebut.


Dalam video rekaman lainnya, memperlihatkan sumur bor minyak ilegal yang berada ditepi sungai tersebut, memuntahkan cairan yang pekat dengan ketinggian puluhan meter keatas bumi. 


Terkait permasalahan tersebut, Kapolres Muba AKBP Imam Safi'i SIK MSi saat dikonfirmasi media ini mengatakan, permasalahan ini masih dalam penyelidikan. (ch@)

×
Berita Terbaru Update