Notification

×

Tag Terpopuler

Konsumsi Ikan di Palembang Dekati Target Nasional, 58 Kg Per Kapita Per Tahun

Thursday, May 23, 2024 | Thursday, May 23, 2024 WIB Last Updated 2024-05-23T10:10:19Z


PALEMBANG, SP - Meski sudah baik, namun kegemaran masyarakat Palembang mengonsumsi ikan dinilai masih di bawah rata-rata nasional.


Kepala Dinas Perikan Kota Palembang Ahmad Zazuli mengatakan, masyarakat masa kini tidak hanya menjadikan ikan sebagai sumber protein, tetapi juga telur dan ayam.


"Berdasarkan data dari provinsi, tingkat konsumsi ikan di Palembang 58 kg per kapita per tahun, masih di bawah target nasional 62 kg per kapita per tahun," katanya, usai sosialisasi gemar makan ikan melalui Lomba Balita Sehat Gemarikan, Kamis (23/5/2024).


Era global pun menurut Zazuli menjadi tantangan karena banyak muncul pilihan jenis makanan, sehingga menurunkan masyarakat konsumsi ikan.


Maka dengan diadakan kegiatan ini menjadi sosialisasi yang menyentuh langsung ke masyarakat terutama anak-anak agar gemar ikan.


Nah, ke depan untuk lebih meningkatkan lagi konsumsi ikan, bakal juga diadakan lomba memasak olahan ikan. 


"Kita lakukan inovasi lewat masakan, seperti kue dari bahan tepung ikan jadi nanti bisa saja ada nastar dari ikan, dan lain-lain," katanya. 


Sementara itu, PJ Ketua TP-PKK Kota Palembang, Dewi Sastrani Ratu Dewa menyampaikan apresiasinya untuk Kegiatan  rutin yang dilaksanakan dinas perikanan kota Palembang ini. 


"Ini Upaya memberikan edukasi kepada para orang tua untuk mencegah stunting. Karena dengan makan ikan akan memenuhi gizi anak," katanya. 


Karena, dengan terpenuhinya gizi anak dan tidak ada lagi yang stunting maka pokok bagi anak bangsa untuk masa depan Indonesia. 


"Harapan nya anak jadi pintar salah satunya dengan asupan bergizi, seperti biasa makan ikan. Banyak manfaat konsumsi ikan," katanya. 


Cara pengolahan juga beragam agar anak tidak bosan ataupun mau makan ikan, seperti di buat pempek, nugget, digoreng, pindang, dan lainnya.


"Kandungannya banyak manfaat, Bisa untuk otak karena kandungan omega 3, kesehatan jantung, tulang dan sendi, dan lainnya," katanya. 


Untuk itu, dirinya mengajak para orang tua khususnya para ibu untuk rutin menjadikan ikan sebagai menu makan di rumah. 


"Kalau perlu jadi menu wajib dalam keluarga, minimal 200 gram daging ikan per hari per orang," katanya. (Ara)

×
Berita Terbaru Update