Notification

×

Tag Terpopuler

Ratu Dewa Pastikan Tower Jembatan Ampera Jadi Destinasi Wisata Baru

Wednesday, January 17, 2024 | Wednesday, January 17, 2024 WIB Last Updated 2024-01-17T08:14:58Z

PJ Walikota Palembang Ratu Dewa saat menerima kunjungan anggota DPR RI Eddy Santana Putra 

PALEMBANG, SP - Renovasi tower dan lift Jembatan Ampera dipastikan Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional (BBPJN) Wilayah V Sumatera Selatan (Sumsel) selesai tahun ini juga.


Masih dalam proses perbaikan, nantinya masyarakat bisa menyaksikan keindahan Kota Palembang dari atas tower Jembatan Ampera, yang diakses lewat lift yang ada di Jembatan Ampera.


Hal tersebut diungkapkan usai kunjungan Anggota DPR RI Eddy Santana Putra dan PJ Walikota Palembang ke Jembatan Ampera, Rabu (17/1/2024).


Kepala BBPJN Wilayah V Sumsel Hardi Siahaan mengatakan, proses renovasi pada tower 1 Jembatan Ampera sudah selesai.


"Tower 1 sudah selesai, baik itu penggantian lift, menata ruang tower, menambah kursi, juga lampu," kata Hardi.


Hardi mengatakan, kapasitas lift tower ini maksimal 4 orang. BBPJN sudah menyiapkan kursi dan meja di atas tower Ampera dengan maksimal 20 orang.


Pihaknya melakukan sedang tahap lelang untuk pengerjaan tower 2 yang akan selesai tahun ini juga dengan masa pengerjaan 6-7 bulan.


"Untuk tower 1 saja nilai anggaran dari APBN di bawah Rp10 miliar, ini sudah selesai, tinggal tower 2 dalam tahun ini akan selesai juga," katanya.


Soal perdebatan budayawan dan sejarawan soal renovasi bagian dari Jembatan Ampera ini, menurut Hardi sudah clear/ selesai.


"Kita memperhatikan saran dan masukan dari Komisi Cagar Budaya, kita harus jaga keaslian bangunan ini. Sudah clear, tidak ada masalah," katanya.


PJ Walikota Palembang Ratu Dewa mengatakan, untuk bisa mengakses tower Jembatan Ampera ini, masih ada proses lanjutan perbaikan, semester kedua 2024 ini akan selesai.


"Saya yakin masyarakat Palembang sudah sangat menunggu kapan bisa naik ke atas, tapi mohon bersabar kita selesaikan regulasinya sehingga masyarakat bisa menikmati jembatan Ampera ini," katanya.


Sementara itu, Anggota DPR RI, yang juga mantan Walikota Palembang, Eddy Santana mengatakan, tower Jembatan Ampera bisa jadi destinasi wisata baru Palembang.


"Alhamdulillah hari ini kita bisa naik ke tower jembatan Ampera yang sudah di renovasi bersama PJ Walikota Palembang dan Kepala Balai Besar Pelaksana Jalan Nasional (BBPJN) Wilayah V Sumsel," katanya. 


Terkait penggunaan tower jembatan Ampera sebagai resto, Eddy menyatakan sepertinya tidak memungkinkan, karena akan membuat pengunjung terlalu lama di atas. 


"Paling-paling hanya melihat ke atas, seperti Monas, kalau resto itu terlalu lama," katanya. (Ara)

×
Berita Terbaru Update