Notification

×

Tag Terpopuler

Meriahkan Festival Kuda Lumping, Pemcam Lais Kirim Perwakilan

Thursday, July 20, 2023 | Thursday, July 20, 2023 WIB Last Updated 2023-07-20T04:24:42Z


MUBA, SP - Group Kuda Lumping Turonggo Joyo Kusumo yang berasal dari Kecamatan Lais ikut memeriahkan Festival Kuda Lumping Kabupaten Musi Banyuasin (Muba) yang di adakan di Desa Bero Jaya Timur Kecamatan Tungkal Jaya Kabupaten Musi Banyuasin, Rabu (19/7/2023). 


"Menindaklanjuti Surat dari Desa Bero Jaya Timur Kecamatan Tungkal Jaya Nomor 140/20/BJT-VI/2023 Tanggal 12 Juni 2023 Perihal Edaran Festival Kuda Lumping Se-Kabupaten Musi Banyuasin, oleh karena itu kita berpartisipasi mengirimkan group Kuda lumping Turonggo Joyo Kusumo yang berasal dari Desa Teluk Kijing III," jelas Camat Lais Marsopi SKM MM. 


Kehadiran kami, selain merayakan juga guna mengembangkan seni tradisional daerah yang ada di kecamatan Lais sebagai perbaduan budaya Jawa dengan kearifan lokal. 


Kuda lumping ini merefleksikan semangat heroisme dan aspek sebuah pasukan berkuda. Kuda adalah simbol kekuatan secara fisik, hal ini terlihat dari gerakan gerakan ritmis, dinamis, dan agresif melalui kibasan anyaman bambu, menirukan gerakan layaknya seekor kuda di tengah peperangan. 


Marsopi berharap, pasukan kuda lumping yang berasal dari Kecamatan Lais ini menjadi yang terbaik di Kabupaten Muba. 


"Kita berharap wakil dari Kecamatan Lais dapat menjuarai festival tersebut," pungkasnya. (ch@)

×
Berita Terbaru Update