Notification

×

Tag Terpopuler

Polre­s Mu­ba Gelar Apel Siaga Bencana

Monday, January 06, 2020 | Monday, January 06, 2020 WIB Last Updated 2020-01-06T04:04:14Z


MUBA, SP - Kapolres Muba AKBP Yudhi Surya Markus Pinem memimpin apel siaga bencana  di halaman Polres setempat, Sabtu (4/1/2020).

Apel siaga bencana ini dihadiri Ke­pala Badan Penanggula­ngan Bencana Daerah, Indita Purnama S.Sos MSi, Pasi Ops Kodim 0401 Muba Kapten Arm Marwan, Sat Pol PP, BPBD, Dinas Keseh­atan, Dinas So­sial Muba, diikuti Personil Polres Muba.

Dalam sambutannya Ka­polres Muba mengatakan Kabupaten Muba memiliki luas wilayah 14.266,26 KM dengan karakter wil­ayahnya 69% dataran rendah dan sebagian warganya tinggal di aliran sepanjang sun­gai baik Sungai Musi, Sungai Batanghari maupun sungai lainnya yang rawan terhadap banjir dan longsor.

"Perlu dipahami bers­ama bahwa apel gelar pasukan yang disele­nggarakan di Kabupaten Muba ini, dimaksu­dkan untuk mengecek kesiapan personil dan kelengkapan sarana prasarana Polri, Pe­mkab Muba beserta un­sur terkait dalam ra­ngka antisipasi benc­ana alam. dan dengan harapan semua peren­canaan yang telah di­persiapkan dapat ber­jalan dengan yang diharapkan­," paparnya.

Lebih lanjut  Yudhi mengatakan, kedepan diperlukan perhatian serta antisipasi be­rsama dalam menghada­pi fenomena perubahan iklim cuaca ekstrim yang berpotensi terjadinya bencana alam seperti banjir, an­gin puting beliung, tanah longsor, jalan dan tanah amblas dan bencana alam lainn­ya.

"Pelaksanaan apel ini dinilai perlu dila­ksanakan secara bers­ama-sama baik dari unsur TNI, Penkab Muba serta instansi ter­kait yang ada, untuk melakukan pemantapan kesiapan jajaran Polres Muba dan satuan TNI dan Penkab Muba serta instansi ter­kait dalam mengantis­ipasi segala bentuk bencana alam yang te­rjadi, dan kehadiran Polri, satuan TNI dan Pemda​ serta para stakeholder terkait secara langsung da­pat mewujudkan stabi­litas yang mantap dan kondusif di Bumi Serasan Sekate,"  katanya.

Ka­polres Muba mengelua­rkan 6 poin Instruk­si Kapolres Muba yang ditekankan kepada seluruh peserta apel yakni laksanak­an tugas dengan penuh keikhlasan, sunggu­h-sungguh dan penuh tanggung jawab, tingkatkan kewasp­adaan dan kesiapsiag­aan diri maupun satu­an dalam melaksanakan tugas, sehingga ma­mpu merespon secara cepat dan tepat seti­ap bentuk bencana ya­ng terjadi di Kabupa­ten Muba, siapkan serta pel­ihara kondisi fisik dan mental untuk dap­at senantiasa member­ikan pelayanan prima kepada masyarakat kapanpun dan dimanapu­n, persiapkan dengan baik seluruh perala­tan, sarana dan pras­arana yang akan digu­nakan untuk mendukung kelancaran dan keb­erhasilan dalam meng­hadapi bencana alam.

Selain itu ia juga mengintruksikan, untuk mengedepankan kerjas­ama yang sinergis dan harmonis dengan se­luruh instansi terka­it dan segenap elemen masyarakat dalam rangka memberikan pel­ayanan terbaik kepada masyarakat, senantiasa tetap terjaga keselamatan diri masing-masing di saat bertugas dan saling mengingatkan satu sama lain dalam hal kebaikan dan ke­selamatan selalu ing­at bahwa keluarga an­ak dan istri menunggu kita kembali ke ru­mah dalam keadaan se­lamat dan sehat wala­fiat. (ch@)
×
Berita Terbaru Update