Notification

×

Tag Terpopuler

Pemprov Kirim Satgas-Logistik ke Lahat

Monday, January 13, 2020 | Monday, January 13, 2020 WIB Last Updated 2020-01-13T02:53:34Z
Gubernur Sumsel, Herman Deru saat melakukan cek sejumlah logistik yang akan dikirim ke Lahat. (foto:Lan)

PALEMBANG, SP - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumatera Selatan (Sumsel) mengirimkan sejumlah logistik dan tim Tagana untuk korban banjir dan longsor Kabupaten Lahat, Sumsel.

Gubernur Sumsel, Herman Deru mengatakan, bencana alam tidak bisa diprediksi kapan akan terjadi, sehingga pemerintah harus siap siaga untuk memberikan tindakan dan bantuan saat terjadi, termasuk bantuan logistik dan tim Tagana.

"Bantuan yang dikirimkan jangan dilihat dari nilai materinya, berapapun itu yang terpenting adalah niat kita untuk mengatasi dalam kondisi darurat saudara yang terdampak," ungkap HD saat melepas satuan tugas (Satgas) dan logistik di halaman Kantor Gubernur Sumsel, Jumat lalu.

Deru mengatakan, upaya ini harus diikuti oleh instansi lainnya tanpa harus mendapatkan intruksi terlebih dahulu dari pimpinan. Menurtunya, setiap instansi yang berada di bawah kewenagannya harus memiliki inisiatif sendiri untuk memberikan bantuan kepada korban banjir dan longsor di Lahat.

“Sudah kita rapatkan bersama instansi yang terkait. Jika terjadi sesuatu, terlebih lagi bencana, tidak harus menunggu instruksi gubernur,” tegas HD.

HD mengaku, selain bertugas mambantu warga dalam upaya penaggulangan pasca banjir dan langsor, tim satgas yang dikirim tersebut juga memiliki tugas mengembalikan trauma healing atau penyembuhan trauma khususnya untuk anak-anak terdampak banjir dan longsor.

“Saya berpesan kepada personel berangkatlah dengan baik, perlakukan warga dengan sopan, sentuh mereka dengan nurani," ucapnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Sosial Provinsi Sumsel, Rasyiddin Hasan mengatakan, sedikitnya ada 15 item bantuan yang dikirimkan untuk para korban banjir dan longsor, KLahat.

"Ada 15 item yang kita kirim, selimut makanan, tas sekolah, sembako, biskuit, dan lain sebagainya. Kalau masih dibutuhkan lagi ya akan kita kirimkan lagi.  Kita juga masih menunggu usulan dari korban apa yang mereka butuhkan akan kita coba akomodir," ujarnya. (Lan)

×
Berita Terbaru Update