Notification

×

Tag Terpopuler

Pecah, PT Adhi Karya Ganti Box Culvert Jalintimsum

Thursday, January 23, 2020 | Thursday, January 23, 2020 WIB Last Updated 2020-01-23T03:18:55Z

Pekerja PT Adhi Karya Sedang Melakukan Penggantian Box Culvert  Jalan Lintas Timur Sumatera yang Rusak
MUBA, SP – Tingginya intensitas hujan di Kecamatan Sungai Lilin, Kabupaten Musi Banyuasin (Muba) mengakibatkan air meluap ke jalan disekitar warung Kopi Blora yang menyebabkan kerusakan jalan dan gorong gorong di Jalan Lintas Timur Sumatera (Jalintimsum) Betung-Peninggalan Desa Srigunung Km123 Kecamatan Sungai Lilin Kabupaten Musi Banyuasin.



Pantauan. kerusakan gorong-gorong itu kini telah dilakukan perbaikan dengan menggunakan alat berat jenis Eksavator untuk mengganti  box culvert atau gorong-gorong segi empat yang dilakukan PT Adhi Karya. 

Menurut Supardi,  kontraktor pelaksana PT Adhi Karya, material untuk perbaikan sudah tiba, sehingga pekerjaan sudah langsung dilakukan. “Material sudah bertahap datang, jadi pekerjaanya langsung mulai,” katanya, Rabu (22/1/2020). 

Ia mengaku material sudah dikirim kelokasi pekerjaan yang akan dikerjakan dan dapat langsung dikerjakan untuk pemasangan box culvert, begitu juga untuk pekerjaannya langsung dikerjakan tanpa perlu menunggu seluruh material tiba. 

Lebih lanjut Supardi mengatakan pekerjaan yang pertama mulai adalah pemasangan box culvert pada genangan air hujan sebelah jalan, sebab titik tersebut adalah titik terendah, sehingga kondisinya air yang menggenang bisa dialirkan ke tempat terendah agar jalan terhindar dari gerusan air yang meluber kejalan aspal. 

“Kami buatkan dulu pemasangan  pemancangan untuk penguat landasan sebelum box culvert di pasang, Nanti baru lantai untuk dasar peletakan box culvery (gorong-gorong segi empat) dan baru peletakan box culvert (gorong-gorong),” terangnya. 

Lokasi tersebut digunakan box culvert ukuran 1 meter dengan jumlah rencana 12 unit. Box culvert tersebut akan disusun satu shaf sehingga membentang  ruang lintasan air yang lewat. Semua box  culvert akan diberi landasan pancangan dan pengecoran agar box  culver tersebut benar-benar kuat  dan tidak bergeser. 

Ia  berharap selama proses perbaikan tidak turun hujan lebat sebab bisa menggemburkan tanah. Hal itu sangat penting agar tidak terjadi longsor dan posisi box culver  tetap stabil. Box culver benar-benar diletakan di dasar lubang untuk peletakan box culvert, barulah di atasnya diberi material untuk dasar badan jalan. 

Tujuan material di atas box culvert menurutnya  karena akan didesain permukaan badan jalan yang sama dengan rata-rata permukaan air. Sebab kondisi jalan menanjak dan miring. Sehingga tidak bisa box culvert langsung digunakan untuk dasar badan jalan.


"Untuk pekerjaan sekarang ini disiapkan 8 orang pekerja, lalu akan didatangkan alat berat vibro roller, untuk memadatkan tanah. Sedangkan alat berat yang ada selama ini jenis eksavator," pungkasnya. (ch@)
×
Berita Terbaru Update