Notification

×

Tag Terpopuler

Deru: Satpol PP Ikut Awasi Pertambangan

Monday, January 13, 2020 | Monday, January 13, 2020 WIB Last Updated 2020-01-13T02:56:59Z
Gubernur Sumsel, Herman Deru saat melepas Tim Satgas Tanggap Berncana di Halaman Kantor Gubernur Sumsel, Jum'at kemarin. (foto:ist)

PALEMBANG, SP -  Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel), Herman Deru meminta Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) kabupaten/kota di Sumatera Selatan ikut mengawasi aktifitas aktivitas pertambangan di daerah masing-masing.

Deru menjelaskan, hal ini dilakukan sebagai upaya untuk mengurangi terjadi aktifitas penambangan liar di Sumsel. Deru menilai, aktivitas pertambang liar di Sumsel sudah meresahkan masyarakat karena menyebabkan terjadinya sejumlah bencana alam.

"Saya minta hal itu karena dampak dari pertambangan tersebut kerap kali menimbulkan rusaknya alam sehingga menyebabkan bencana bagi masyarakat," ungkapnya Deru kepada Sumsel Pers, baru-baru ini.

Deru mengatakan, pihaknya tidak melarang aktifitas tambang terjadi di Sumsel jika sudah sesuai dengan aturan terkait dengan alam. Hal ini dilakukannya agar aktifitas pertambangan yang berpotensi merusak alam bisa diketahui.

"Kita tidak boleh diam saja, tapi kita awasi. Kita salah jika diam saja saat orang menambang dengan dampak merusak lingkungan," ujar Deru.

Tidak hanya itu, ungkap Deru, masyarakat juga diminta agar turut andil menjadi pengawas demi keselamatan dan kesejahteraan bersama. "Jangan karena kepentingan perorangan maupun sekelompok, alam jadi rusak dan timbul bencana sehingga merugikan masyarakat baik materi maupun psikologis," tegasnya.

Deru menduga, salah satu dampak dari aktifitas pertambangan di Sumsel adalah ambruknya jembatan Mulak Ulu di Kabupaten Lahat, beberapa waktu lalu.

"Jangan sampai tambang yang merusak lingkungan ini terjadi lagi. Kelestararian alam itu lebih penting," jelasnya. (Lan)
×
Berita Terbaru Update