Notification

×

Tag Terpopuler

Budaya Sumsel Diperkenalkan di TMII

Friday, January 10, 2020 | Friday, January 10, 2020 WIB Last Updated 2020-01-10T04:19:01Z

Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Provinsi Sumatera Selatan, Febrita Lustia Herman Deru saat memimpin rapat persiapan. (foto:ist)
PALEMBANG, SP – Sejumlah budaya Sumatera Selatan (Sumsel) bakal diperkenlakan kepada masyarakat di seluruh Indonesia. Budaya Sumsel ini akan menjadi salah satu ikon dalam kegiatan HUT Taman Mini Indonesia Indah (TMII) ke - 45 pada 17-20 April 2020 mendatang di Jakarta.

Sumsel sendiri, mendapatkan kehormatan menjadi icon sekaligus didaulat menjadi tuan rumah dalam perayaan tersebut yang diketui oleh Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Provinsi Sumatera Selatan, Febrita Lustia Herman Deru.
Febrita Lustia Herman Deru mengatakan, kesempatan sebagai tuan rumah sekaligus sponsor utama HUT TMII ke -45 merupakan suatu kebanggaan dan menjadi wadah bagi pemprov dan kabupaten/kota di Sumsel untuk menampilkan budaya dan kearifan lokal ditingkat nasional.
“Karena ini membawa nama Sumatera Selatan, kita mengharapkan dukungan seluruh kabupaten kota di Sumsel dan OPD terkait dilingkungan Pemerintah Provinsi Sumsel untuk mensukseskan kegiatan ini,” ungkap Febrita Lustia Herman Deru.
Dijelaskannya, target dukungan Provinsi Sumsel terhadap kegiatan tersebut meliputi 15 rinciaan diantaranya booth dan dekorasi pameran, penampilan kesenian penyambutan dan berbagai kegiatan lainnya yang didukung oleh OPD dilingkungan Pemerintah Provinsi Sumsel.
“Peringatan HUT TMII ada Pameran Rempah karna bersamaan dengan peringatan hari rempah nasional. Pembukaan direncanakan akan dihadiri langsung Presiden RI Joko Widodo,” ungkapnya.
Sejumlah rangkaian kegiatan akan digelar dalam kegiatan tersebut seperti, Expo Nusantara, Festival Kuliner, Tari Massal di Plaza Tugu API TMII, Gebyar Seni Pertunjukan, Senam Massal, Pawai Budaya Nusantara.
“Ada juga Gelar Gita Natya Nusantara dengan menampilkan musik live. Tidak semua provinsi dapat berpartisipasi di kegiatan ini namun Provinsi Sumsel berkesempatan untuk menampilkan musik live daerah,” ujarnya.
Sementara itu, Direktur Utama TMII, Tanribari Lamo mengatakan,  pelibatan provinsi dalam kegiatan tersebut sudah dilakukan hampir setiap tahunnya. Upaya ini dilakukan untuk memberikan kesempatan bagi provinsi memperkenalkan budaya lokal yang ada di daerah masing-masing. (Kar)
×
Berita Terbaru Update