Notification

×

Tag Terpopuler

Banjir Rendam 4 Kecamatan

Friday, January 10, 2020 | Friday, January 10, 2020 WIB Last Updated 2020-01-10T02:28:27Z

Banjir di Kabupaten Pada Kamis (9/1/2020) Sedikitnya Merendam 4 Kecamatan, Setelah Hujan dengan Intensitas Tinggi Mengguyur Bumi Seganti Setungguan Pada Rabu Malam Hingga Kamis Pagi (9/1//2020). (Foto/Ist)
- Akses Lahat- Pagaralam Kembali Ditimbun Longsor
LAHAT, SP - Hujan dengan intensitas tinggi yang mengguyur Kabupaten Lahat sejak Rabu (8/1) malam hingga  Kamis (9/1) pagi menyebabkan banjir dan tanah longsor di sejumlah titik didalam Kabupaten Lahat. Bahkan sampai memutus jalur transportasi akibat longsor.
Berdasarkan informasi dari BPBD Sumsel,  banjir bandang yang terjadi pada Kamis (9/1)  pukul 04.00 WIB itu menyapu 4 kecamatan meliputi Pulau Pinang, Kecamatan Pseksu,  Gumay Talang,  dan Kikim Timur. Untuk di Gumai Talang, 1 unit rumah hanyut, Sedangkan Kikim Timur belum ada info karena komunikasi belum tersambung.
Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Lahat Marjono, Kamis (9/1) pagi mengatakan, banjir yang terjadi diperkirakan hanya sementara dan terjadi tahunan.
“ Lebih kurang 100 rumah terendam akibat luapan Sungai Lematang dan ini sifatnya hanya lewat saja, jadi kalau hujan berhenti banjirnya surut,” ujarnya.
Sementara longsor terjadi antara Desa Terkul dan Tanjung Mulak. Selain menutup badan jalan, terdapat satu mobil pick up bermuatan bahan pokok tertimbun longsor. 
Marjono mengatakan saat ini seluruh personel  BPBD Lahat sudah diterjunkan ke titik-titik banjir untuk membantu warga. Sedangkan untuk di dalam Kota Lahat, belum terpantau adanya banjir. Untuk wilayah di Kelurahan Kota Jaya, pihaknya sudah melakukan pembersihan puing-puing kayu yang menyebabkan air tergenang dan meluap ke rumah warga.
“Untuk longsor di Desa Terkul. Alat berat sudah tiba dilokasi untuk melakukan pembersihan,” kata  Marjono.
Informasi yang terima tidak ada korban jiwa dalam pristiwa itu. Aparat kepolisian dengan sigap telah berada di lokasi dengan menembus hujan. Bagi warga yang hendak menuju Pagaralam atau sebaliknya dialihkan ke jalur alternatif.
Kasat Lantas Polres Lahat, AKP Rio Artha Luwih mengimbau pengendara baik yang dari arah Lahat maupun Pagaralam agar melewati jalan alternatif Gumay Ulu.
“Untuk sementara arus lalulintas Lahat-Pagaralam kita alihkan ke jalan alternatife Gumay Ulu,” ujarnya. (hel)
×
Berita Terbaru Update