Notification

×

Tag Terpopuler

68% Hatle Rusak, Dishub Menjerit Minim Anggaran

Monday, January 13, 2020 | Monday, January 13, 2020 WIB Last Updated 2020-01-13T02:42:51Z
Ilustrasi Halte Transmusi, (foto/net)
PALEMBANG, SP – Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Palembang kembali mengeluhkan minimnya anggaran perbaikan sejumlah hatle Trans Musi yang ada sejumlah titik di Kota Palembang.

Kepala Dishub Kota Palembang, Agus Rizal mengatakan, dari total 254 halte Trans Musi yang ada, 68 persen diantaranya mengalami kerusakan dengan kategori ringan dan berat. 

“Perbaikan halte Trans Musi ini memang tahun-tahun kemarin tidak dianggarkan. Tahun ini ada anggarannya tapi tidak banyak hanya Rp100 jut saja,” ungkapnya, kemarin.

Dijelaskan Agus, dana perbaikan satu halte dengan kategori rusak berat saja membutuhkan anggaran mencapai Rp30 juta. Sehingga, jumlah anggaran yang ditetapkan pemerintah dinilai jauh dari kata cukup untuk memenuhi kebutuhan perbaikan sejumlah halte.

“Dari jumlah total halte tersebut, setelah kita inventarisir lagi, ternyata 70 persen diantaranya merupakan aset Kota Palembang dan sisanya milik dimungkinkan milik swasta,” ujarnya.

Agus mengatakan, salah satu upaya yang dilakukan untuk mensiasati minimnya anggaran tersebut dengan memberikan ruang bagi pihak ketiga berkontribusi dalam perbaikan. Baik perusahaan, lembaga pemerintahan, pendidikan dan lainnya untuk membantu melalui dana Corporate Social Responsibility (CSR) atau dana hibah.

"Anggaran kita memang tidak cukup, makanya perlu pihak ketiga. Seperti sebelumnya sudah ada beberapa perbankan dan perusahaan swasta yang membantu dalam bentuk CSR. Para pemberi CSR ini bebas mendesain atau membi branding sesuai dengan perusahaan/instansi mereka," katanya.

Sementara itu, salah satu warga Palembang, Utami mengatakan, halte bus yang digunakan untuk pemberhentian Trans Musi sangat dibtuhkan sangat masyarakat untuk mengakses tranportasi massal. Dari sejumlah halte yang ditemukannya, halte kerap dalam keadaan rusak.

"Penumpang Trans Musi itu cukup banyak ya, saya kemana-mana lebih sering menggunakan Trans Musi karena ongkosnya cukup murah. Semoga ini didukung dengan halte yang memadai," katanya. (Ara)
×
Berita Terbaru Update